Jan 30, 2014

Her (2013)

"She's no just a computer."

Katakan kepada saya jika ada laki-laki yang lebih romantis daripada Theodore. Pekerjaan: penulis surat cinta. Mewakili isi hati terindah manusia dengan rangkaian kata, ia mampu memicu percikan dalam hati mereka. Memuji sinaran mata, senyuman indah, bahkan deretan gigi kecil yang menghiasi tawa. Siapa yang tak luluh lantak dibuatnya?

Namun ternyata cinta baginya tak seindah kata yang ia ciptakan, sebelum akhirnya ia 'bertemu' dengan Samantha. Dengan suaranya, Samantha datang dan berkembang dalam kisah hidup Theodore. 24/7. Ia membuka hari dengan sapaan selamat pagi, mendengarkan segala keluh kesah, menanggapi dengan hangat, menemani dalam tangis sedih dan bahagia, hingga menutup hari dengan ucapan selamat malam nan mesra. 

Cinta pada era masa depan. Ketika kehadiran tubuh aktual tergantikan oleh pendar layar dan melodi suara perangkat artifisial. Menciptakan peradaban, manusia perlahan menjadikan dirinya penguasa alam semesta. Namun ironisnya, cinta masih menjadi kebutuhan dasar. Manusiawi. 

Spike Jonze menyajikan dunia berbunga-bunga Theodore melalui serangkaian gambar yang minimalis namun luar biasa manis. Layaknya cintamu pada pasangan, sederhana tapi mendasar. Perlahan hadir, semerbak meruak, menetap, hingga akhirnya tanpa mengenal dimensi ruang dan waktu, ia mengendap.


"It's a dark and shiny place

But with you my dear
I'm safe and we're a million miles away.."

2 comments:

  1. ini bagus yaaa, cantik bangeet.
    sy jd terikat dengan sutisna samantha gara2 film ini

    ReplyDelete
  2. iyaa ko tau sih, cantik banget ya sutisna

    ReplyDelete